extra-img

Kolam renang

  • Saat ini kolam renang pribadi merupakan bagian dari salah satu kelengkapan hunian keluarga dan sekaligus dapat pula bernilai investasi bagi setiap pemiliknya, selain investasi rumah, mobil, maupun apartement. Mengapa demikian? Karena memiliki kolam renang pribadi mampu memberikan nilai tambah dan prestise bagi pemilik rumah disamping tentunya menaikkan harga jual dari property itu sendiri. Oleh sebab itu, sekalipun harus mengeluarkan banyak modal dan uang, bukan menjadi suatu kendala bagi yang berkeinginan untuk memilikinya baik sebagai tempat berolah raga dan melepaskan kepenatan maupun sebagai sebuah investasi.

    Agar property kolam renang menjadi bagian dari investasi anda, sebaiknya sebelum membangun kolam renang mulailah dengan perencanaan yang matang terhadap berbagai aspek yang dapat menentukan nilai sebuah kolam renang dikemudian hari. Dalam hal ini, sebuah perencanaan sebelum mengambil keputusan untuk membuat kolam renang tidak kalah pentingnya sebagaimana rencana anda dalam membangun property yang lain seperti rumah. Faktor-faktor yang dapat menentukan lama tidaknya umur ekonomis sebuah property seperti factor bahan material yang dipergunakan, factor kemudahan dalam perawatan, factor biaya dalam perawatan dan lain sebagainya harus betul-betul diperhitungkan. Tentunya hal ini bukan berarti bahwa memiliki property kolam renang pribadi nantinya pasti akan dijual, akan tetapi sebagai langkah awal agar property yang anda miliki berumur lama dan tetap bernilai wajar. Mulailah dengan merencanakan, menghitung dan baru memutuskan jenis kolam renang terbaik yang seharusnya anda miliki.

    Berikut ini informasi bagi Anda yang berencana memiliki sebuah kolam renang pribadi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dalam perencanaan diantaranya:

    Pertama : Ketersediaan Lahan untuk Lokasi Kolam.

    Ketersediaan lahan sebagai tempat lokasi penempatan kolam renang nanti merupakan hal pertama yang harus dipertimbangkan. Sebuah kolam renang keluarga tentunya berdekatan atau menjadi satu dengan area rumah. Lahan yang biasanya menjadi target lokasi kolam renang adalah halaman rumah atau ruang struktur rumah yang masih memungkinkan tersedia untuk itu. Lahan yang tersedia akan menentukan ukuran dimensi sebuah kolam renang ( panjang, lebar, kedalaman ), dan design / bentuk kolam renang yang dapat di bangun sesuai dengan keinginan anda.
    Pada dasarnya kolam renang dapat dibangun dimana saja pada area hunian anda, bisa dibangun di atas tanah, di dalam rumah atau bahkan di atas bangunan bertingkat sekalipun, akan tetapi besarnya biaya, kekuatan penyangga struktur kolam dan kerumitan selama masa pembangunan menjadi factor yang harus dipertimbangkan. Perbandingan biaya dan perhitungan pekerjaan konstruksi kolam renang untuk masing-masing lokasi tersebut dapat kita serahkan kepada seorang arsitek yang mengerti mengenai bangunan.

    Kedua : Mempelajari Jenis Struktur dan Sistem Filtrasi Kolam Renang

    Berikut informasi perbedaan mendasar dari dua jenis struktur konstruksi dan system filtrasi kolam renang :

    A. Sistem kolam renang konvensional/ dengan pemipaan (underground piping).
    Sistem kolam renang pemipaan adalah sistem pembuatan kolam renang dimana pada struktur konstruksi bagian bawah kolam di tanam pipa – pipa yang digunakan untuk membantu mengalirkan air ke tanki penyaringan dan untuk mengalirkan air yang telah difilter kembali ke kolam. Selain itu digunakan pompa dan filter yang berada diluar struktur utama kolam sebagai alat untuk mensirkulasi air, disamping diperlukan pula obat – obatan (chlorine) agar air tetap jernih. Diperlukan dua bidang lahan untuk pembuatan kolam dengan system ini yaitu lahan untuk struktur kolam utama dan lahan untuk penempatan alat-alat filtrasi (pump room).

    B. Sistem kolam renang terintegrasi (integrated pool and filter).
    System kolam renang jenis ini adalah system kolam renang dimana pada struktur konstruksi kolam tidak diperlukan pipa-pipa. Untuk penyaringan air, digunakan system filtrasi yang secara struktur menyatu dengan struktur kolam utama (monolithic structure). System ini sangat menguntungkan bagi pemilik kolam yang tidak memiliki lahan yang luas, karena penenmpatan pompa dan filter kolam yang digunakan diletakkan dibibir/ didalam kolam.

    Ketiga : Memilih bahan Material Konstruksi kolam renang.

    Hal lain yang sangat penting adalah pertimbangan dalam memilih bahan untuk material konstruksi kolam renang. Bahan material konvensional dengan system pengecoran pada seluruh struktur kolam dapat saja dilakukan untuk kolam yang berada pada lokasi tanah yang stabil dan tidak rawan gempa, sebaliknya perhitungkan resiko keretakan bila kolam dibangun pada wilayah yang rawan terkena gempa bumi. Pilihan lain adalah bahan material yang dibuat secara khusus di pabrikasi sebagai pelapis tambahan setelah dilakukan pengecoran. Perakitan dan instalasi dilakukan pada lokasi yang dikehendaki.

    Keempat : Mengetahui Tipe-tipe Filter kolam renang

    Pada komplimen sebuah kolam renang, filter digunakan sebagai alat untuk mensirkulasi air dan bahan obat-obatan (chemical) agar kejernihan dan kebersihan air selalu terjaga. Ada beberapa tipe filter yang dapat kita pilih pada saat perencanaan awal sebelum membuat kolam renang. Alternatif tipe filter yang akan digunakan nantinya sangat berhubungan dengan konstruksi struktur kolam renang itu sendiri. Tiga macam tipe filter dapat anda pelajari pada posting kami terdahulu yakni Type of Pool Filters.

    Kelima : Mempelajari Cara Merawat Kolam dan Perawatan Air Kolam Renang

    Perawatan air kolam renang merupakan hal yang perlu mendapatkan perhatian lebih bagi pemilik kolam renang. Kualitas air yang kurang baik atau buruk dapat menghilangkan minat penghuni rumah untuk berenang. Disamping itu, air yang tidak jernih dapat mengurangi keindahan kolam itu sendiri dan secara keseluruhan akan memperburuk tampilan rumah anda.

    Untuk perawatan air kolam, dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa yang khusus melakukan perawatan air. Sedangkan untuk chemicalnya dapat dibeli sendiri atau dapat pula dibeli pada pihak penyedia jasa perawatan kolam renang. Mudah tidaknya pekerjaan perawatan kolam tentunya tergantung pula pada jenis struktur konstruksi dan system filtrasi seperti sebagaimana dipaparkan tersebut di atas. Tidak kalah pentingnya adalah mengetahui dan menjaga ketepatan jadual perawatan agar kolam renang anda tidak terkena serangan lumut dan alga yang nantinya berakibat pada keindahan kolam dan tentunya memerlukan biaya yang cukup besar untuk membersihkannya.

    Bagaimana dengan anda? Sudahkah mempersiapkan diri untuk memiliki kolam renang pribadi?
    Demikianlah beberapa pertimbangan utama sebelum anda memulai pembuatan sebuah kolam renang keluarga. Detail masing-masing dari kelima factor diatas akan kami coba untuk menyajikannya pada posting berikutnya.
    Semoga Bermanfaat.